Gempita Kemeriahan HDI 2020, Balai Melati Jakarta Suguhkan Karya Terbaik Anak-anak Istimewa

JAKARTA (27 November 2020) – Jelang acara puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang semakin dekat, Kementerian Sosial memassifkan publikasi karya para penyandang disabilitas di seluruh nusantara. Menteri Sosial Juliari P. Batubara yang meresmikan peluncuran website www.creativedisabilitiesgallery.com pada 18 November 2020, mengamanatkan bahwa momen tersebut menandai dimulainya rangkaian acara menyambut HDI 2020 yang seluruh kegiatannya dilakukan secara virtual. Juliari berharap bahwa perayaan HDI 2020 menjadi upaya membangun kepedulian masyarakat bagi perwujudan kehidupan yang lebih aksesibel dan inklusif.

Menindaklanjuti arahan Menteri Sosial, Balai Melati Jakarta menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam memeriahkan HDI 2020. Dengan mengusung tema “Kami Bisa, Kami Hebat, Kami Luar Biasa”, penerima manfaat (PM) diberikan kesempatan untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka dalam beberapa lomba, yaitu : Fashion Show Pakaian Kreatif menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan, Video Kreatif Ucapan HDI 2020, Pembuatan Pohon Harapan, serta Photobooth Instagram HDI 2020 yang diselenggarakan di Aula Balai Melati Jakarta.

Kepala Balai Melati Jakarta, Puti Chairida Anwar dalam sambutannya saat meresmikan rangkaian kegiatan HDI 2020 di Balai Melati Jakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sensorik rungu wicara agar kapabilitas dan tanggung jawab sosialnya berkembang secara optimal. “Kami memiliki keyakinan bahwa PM Balai Melati merupakan anak-anak istimewa yang dianugerahi banyak potensi. Peringatan HDI menjadi momentum penting untuk bersama mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Mari membangun kembali kehidupan yang lebih baik untuk mereka, lebih aksesibel dan inklusif. Meski pandemi Covid-19 menyisakan banyak tantangan untuk dihadapi, kita pasti bisa melaluinya, karena kita mendampingi anak-anak yang hebat dan luar biasa”, tutur Puti.

Usai dibuka secara resmi, para tamu undangan disuguhi karya-karya penerima manfaat dalam acara Fashion Show Pakaian Kreatif. Menggunakan koran dan kertas bekas, mereka mampu menghasilkan karya yang sangat menarik. Layaknya peragawan dan peragawati, mereka gemulai berlenggak lenggok memukau decak kagum juri dan penonton yang hadir di Aula Balai Melati Jakarta. Pejabat struktural balai yang menjadi juri harus bekerja keras menentukan pemenang lomba karena semua peserta menampilkan karya terbaiknya.

Juara 1 didapatkan kelompok 3 yang menampilkan busana berbentuk gaun dengan ornamen unik seperti duri-duri namun terlihat cantik. Juri terkesan dengan kepiawaian sang model yang begitu percaya diri saat menampilkan karyanya di hadapan para juri. Semua kelompok mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka. Kepercayaan diri PM semakin meningkat dan merasa tertantang untuk menghasilkan karya-karya terbaik lainnya.

Gempita kemeriahan Peringatan HDI 2020 di Balai Melati Jakarta akan terus berlangsung hingga acara Puncak HDI tanggal 3 Desember 2020. Mari terus berikan dukungan bagi karya anak-anak istimewa Balai Melati Jakarta, karena mereka hebat dan luar biasa.

Humas Balai Melati Jakarta

One thought on “Gempita Kemeriahan HDI 2020, Balai Melati Jakarta Suguhkan Karya Terbaik Anak-anak Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *